Minggu, 23 Februari 2020

Rumah Adat Jawa

Rumah Adat Jawa. Hunian satu ini merupakan salah satu rumah adat di indonesia yang paling dikenal. Rumah adat using merupakan rumah adat jawa timur lebih tepatnya di kabupaten banyuwangi yang terletak di paling timur pulau jawa berbatasan dengan selat bali.

Rumah Adat Suku Jawa, Barat, Tengah dan Timur Terlengkap
Rumah Adat Suku Jawa, Barat, Tengah dan Timur Terlengkap from calonpengangguran.com
Sing sararehat we nya, tong hilap emam! Rumah adat using memiliki 3 jenis yaitu tikel balung, baresan, dan cerocogan. Masih ada jenis lainnya yang tak kalah filosofis dibanding joglo.

Rumah adat jawa barat tak ubahnya dengan rumah adat dari daerah lain yang juga.

Rumah adat dari jawa tengah yang terkenal adalah joglo. Rumah adat sunda umumnya berbentuk panggung, karena bagi orang sunda tanah adalah bumi yang bernafas, siang hari menarik panas dan malam mengeluarkan panas, sebuah proses alami tentang terbentuknya energi bumi. Joglo pada zaman dahulu dibangun untuk menunjukkan status sosial atau strata tertentu didalam masyarakat. Pada awalnya rumah joglo ini kebanyakan hanya dimiliki oleh kalangan bangsawan, rumah ini dibangun untuk memperlihatkan status sosial masyarakat dengan tujuan mereka bisa menerima tamu dengan jumlah yang banyak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Man City Vs Crystal Palace 2-0

Man City Vs Crystal Palace 2-0 . Zaha didn't even make the bench as manager roy hodgson named only seven of the permitted nine subs...